Smart Door Bell ESNA-DBL1

Tutorial cara pasang dan cara setting Smart Door Bell ESNA-DBL1 dari evomab ini menjadi panduan bagi pemilik rumah yang ingin melakukan pemasangan dan penyettingan secara mandiri. Serupa dengan produk evomab lainnya, desain dan komponen pada ESNA-DBL1 telah dibuat agar user-friendly sehingga instalasinya pun dapat dilakukan secara mandiri oleh orang awam sekalipun, tanpa memerlukan bantuan profesional seperti teknisi.

Langsung saja kita simak tutorial cara pasang dan cara setting Smart Door Bell ESNA-DBL1, berikut ini.

Cara Pasang Smart Door Bell ESNA-DBL1

Pertama-tama lakukan pemasangan alas doorbell. Untuk pemasangan alas doorbell, gunakan fisher jika ingin memasang doorbell pada tembok. Selain menggunakan fisher, doorbell juga dapat dipasang menggunakan perekat yang telah disediakan, atau gunakan sekrup untuk diletakkan di tempat yang diinginkan. 

Pastikan pemasangan alas doorbell telah benar, bagian lubang baut berada di bawah. Jika ingin memasangnya menggunakan sekrup, maka pasangkan pada sisi atas dan bawah alas doorbell.

Lanjutkan dengan memasang 2 buah baterai lithium 18650, lalu tutup dengan penutup baterai yang telah disediakan. Pastikan pemasangan tutup baterai telah rapat. Tahap terakhir adalah pasangkan doorbell pada alsanya, lalu kencangkan dengan baut kecil pada bagian bawah doorbell menggunakan kunci L.

Cara Setting Smart Door Bell ESNA-DBL1

Sebelum beralih pada cara setting, perlu diketahui bahwa pada bagian belakang tempat baterai terdapat port untuk meletakkan memory card SD, jumper powerbank, dan tombol reset. Jumper powerbank dapat digunakan untuk men-charger baterai doorbell dan tombol reset digunakan untuk mereset doorbell dengan cara menekan lama tombol tersebut hingga doorbell berbunyi.

Selain itu, jarak pemasangan bagian speaker dengan doorbell dapat dipasang hingga maksimal jarak 100 meter tanpa penghalang.

1. Cara Menghubungkan Doorbell dengan Speaker

Untuk menghubungkan doorbell dengan speaker, pertama-tama tekan bel satu kali pada doorbell bersamaan dengan menekan lama kedua tombol kanan dan kiri pada speaker. Tunggu hingga lampu indikator speaker berkedip.

Selanjutnya lakukan uji coba kembali pada doorbell, apakah doorbell dan speaker telah terhubung dengan baik. Catatan kepada pengguna, tombol kiri dapat digunakan untuk mengubah ringtone speaker dan tombol kanan dapat digunakan untuk mengatur volume speaker. 

2. Cara Menghubungkan dengan Aplikasi

Masuk ke aplikasi Smartlife atau Tuya, lalu klik “Add Device”. Pilih “Camera & Lock” kemudian pilih “Smart Doorbell”. Selanjutnya centang bagian “Make sure the indicator is flashing quickly or a prompt tone is heard”, lalu klik “Next”.

Lanjut ke tahap berikutnya untuk mengkoneksikannya dengan jaringan Wifi Anda, jika sudah pilih “Next”. Scan barcode ke arah kamera doorbell hingga terdengar notifikasi suara *biiip*, kemudian klik opsi “I Heard a Prompt”. Tunggu beberapa saat hingga aplikasi terhubung dengan doorbell.

3. Cara Setting Fitur-Fitur Doorbell Lainnya yang Terdapat pada Aplikasi

  • Rename Device: Untuk mengubah nama perangkat sesuai dengan keinginan Anda.
  • Samarkan Audio: Saat bell ditekan audio suara Anda bisa disamarkan sesuai dengan pilihan yang tersedia.
  • Theme Color: Untuk mengubah tampilan tema pada aplikasi.
  • Night Mode: Dapat digunakan untuk mengubah mode kamera pada doorbell menjadi mode malam hari.
  • Device Volume: Pilihan untuk menyetting volume volume doorbell, dapat dibesarkan atau dikecilkan sesuai dengan referensi penggunanya.
  • PIR: Bagian pengaturan untuk kualitas sensor infrared.
  • Siren: Pilihan untuk memunculkan suara peringatan pada doorbell.
  • Shared Permissions: Pengaturan untuk menggunakan fitur berbagi perangkat aplikasi kepada pengguna lainnya.
  • Edit: Untuk mengatur tampilan fitur-fitur pada aplikasi.
  • Playback & Gallery: Bagian yang digunakan untuk mengatur penyimpanan memory