apa itu smart home

Era teknologi kita saat ini semakin merasuk dalam setiap aspek kehidupan. Tak hanya smartphone, konsep rumah juga mengikuti perkembangan kepintaran teknologi menjadi smart homeatau rumah pintar.

Sederhananya, smart home merupakan konsep tempat tinggal dengan pemanfaatan perangkat pintar. Sehingga perangkat fungsional dan sistem yang ada di dalamnya, termasuk sistem penerangan, pemanas, keamanan, hingga hiburan dapat terhubung dengan jaringan internet dan dioperasikan melalui smartphone secara jarak jauh.

Gabungan antara teknologi dan konektivitas yang di otomisasi dengan baik mampu meningkatkan berbagai aspek kehidupan di dalam rumah. Termasuk memungkinkan kegiatan monitoring jarak jauh menggunakan perangkat elektronik dan sensor yang telah terhubung ke jaringan internet.

5 Fitur Utama Smart Home

smart home sistem rumah pintar
  1. Automasi
    Satu diantara lima fitur utama smart home adalah kemampuan untuk mengotomatisasi berbagai fungsi sitem rumah tangga. Misalnya, pengoperasian lampu yang bisa dinyalakan atau dimatikan secara otomatis sesuai dengan jadwal yang ditetapkan. Contoh lain dari fitur automasi juga dapat kamu lihat pada sensor gerak yang dapat mengaktifkan lampu ketika mendeteksi kehadiran seseorang.
  2. Kenyamanan
    Sistem yang dibentuk di dalam smart home dirancang untuk memberikan fungsi kenyaman pada penghuninya. Termasuk kenyamanan dalam hal kontrol sistem seperti mengetahui informasi tamu yang bisa ditampilkan real time atau mengawasi keamanan lingkungan rumah hanya dengan menggunakan smartphone dan di dapat dilakukan jarak jauh.
  3. Efisiensi Energi
    Saat ini banyak perangkat smart home yang telah dirancang untuk dapat mengurangi konsumsi energi berlebih. Sehingga pengaplikasian konsep smart home di rumah memberikan dampak positif pada pengeluaran biaya listrik bulanan.
  4. Kemanan
    Sistem kemanan yang diusung di dalam smart home sudah sangat mumpuni. Mulai dari sensor pintu dan jendela, kamera pengawas, hingga sensor gerak sudah dapat memberikan notifikasi langsung ke smartphone-mu ketika terdeteksi aktivitas yang mencurigakan di rumah.
  5. Konektivitas
    Kemampuannya untuk dapat terhubung ke internet tentu tidak diragukan lagi. Konektivitas seperti ini memungkinkan penghuninya untuk mengontrol dan memantau rumah dari jarak jauh melalui aplikasi ponsel pintar.

Keuntungan Menggunakan Konsep Smart Home

sistem kerja smart home

Kontrol Ramah Pengguna

Fitur-fitur yang dihadirkan pada konsep smart home sudah tentu memberikan keuntungan pada penghuninya. Salah satunya adalah kontrol yang ramah pengguna. Sistem rumah pintar sudah menerapkan sistem kontrol yang userable dengan menampilkan layar sentuh dan teknologi antarmuka intuitif. Kedua fungsi ini memudahkan pengguna untuk mengelola perangkat rumah mereka tanpa kesulitan atau keharusan membaca buku panduan yang tebal.

Mengontrol Banyak Sistem Sekaligus

Hanya dalam satu genggaman smart phone saja, pengguna smart home dapat mengontrol berbagai sistem di dalam rumah, mulai dari pencahayaan setiap ruangan, suhu udara, hingga keamanan. Semua ini tentunya sudah dapat di kontrol melalui jarak jauh secara real time.

Sistem Keamanan yang Lebih Baik

Berbeda dengan kunci pintu rumah konvensional yang hanya dapat memberikan keamanan sekedar pada akses keluar masuk. Sistem keamanan yang diberikan kepada pengguna smart home justru sebaliknya dan jauh lebih lengkap. Kontrol keamanan mulai dari Smart Door Lock, CCTV Internet Protocol, sensor, dan alarm dapat terintegrasi satu sama lain serta terhubung langsung dengan koneksi internet dan smart phone pengguna.