Smart Home Solusi Tingkatkan Keamanan Rumah

Kita telah memasuki era dimana teknologi semakin masuk ke dalam setiap aspek kehidupan, termasuk dalam kehidupan rumah. Saat ini konsep rumah pintar atau smart home kian populer. Selain memberikan kenyamanan kepada penghuninya, tetapi juga tingkat keamanan yang lebih mumpuni didukung dengan keterhubungan antara penggunaan teknologi dan sistem.

Keamanan rumah menjadi aspek utama yang harus menjadi concern utama ketika membangun rumah. Dengan terhubungnya berbagai macam perangkat dan sistem secara cerdas, smart home mampu memberikan solusi efektif dalam meningkatkan keamanan rumah.

1. Sistem Pemantauan Kamera yang Terintegrasi

Sistem pemantauan kamera yang terintegrasi oleh smart home

Komponen yang paling utama dari sistem keamanan rumah pintar adalah kamera pengawas. Dimana, kamera pengawas dalam sistem keamanan rumah pintar telah terintegrasi dengan teknologi dan jaringan internet.

Sehingga sistem pemantau kamera tidak terbatas hanya pada merekam aktivitas di sekitar rumah, tetapi juga dapat terhubung dengan jaringan internet. Hal ini memungkinkan kita sebagai pemilik rumah untuk dapat memantau rumah secara jarak jauh melalui perangkat seluler maupun komputer.

Tak hanya itu, fitur pendeteksi gerakan yang terdapat dalam sistem pemantau kamera smart home juga dapat mendeteksi pergerakan atau aktivitas mencurigakan di sekitar rumah. Ketika gerakan terdeteksi maka, kamera pengawas akan mengirimkan notifikasi pemberitahuan ke smartphone atau perangkat lainnya yang terhubung untuk dapat kita lihat kejadiannya.

2. Sistem Pintar Pengunci Pintu dan Jendela

Sistem pintar pengunci pintu dan jendela smart home

Untuk meningkatkan keamanan rumah, kita juga perlu meningkatkan sistem penguncian pintu dan jendela. Dengan perangkat yang saling terkoneksi, maka kamu dapat dengan mudah mengontrol penguncian pintu maupun jendela dari jarak jauh melalui aplikasi pada smartphone atau perangkat lain yang terhubung.

Kemampuan smart home yang satu ini sangat memudahkan kita ketika bepergian jarak jauh tetapi perlu untuk memastikan kembali penguncian pintu dan jendela di rumah. Selain itu, fitur ini juga memungkinkan kita untuk mengatur akses keluar masuk kepada anggota keluarga tertentu.

3. Sensor Keamanan yang Dapat Diprogram

Sensor keamanan yang dapat diprogram di dalam sistem rumah pintar

Sensor keamanan rumah pintar menjadi komponen lain yang tak kalah pentingnya. Dalam sistem rumah pintar, sensor keamanan sudah dapat diprogram dan dipasang di area rumah untuk mendeteksi gerakan, suara, atau asap.

Sensor-sensor tersebut dapat diatur untuk memberikan notifikasi pemberitahuan atau peringatan kepada pemilik rumah jika terdeteksi adanya potensi bahaya seperti gempa bumi dan kebakaran. Notifikasi pemberitahuan diterima secara langsung melalui perangkat smartphone sekaligus sebagai penanda bagi kita pemilik rumah untuk segera melakukan tindak penanganan darurat.

4. Sistem Alarm yang Terhubung

Sistem alarm yang terhubung dalam sistem rumah pintar

Selain sensor keamanan, di dalam smart home juga terdapat sistem alarm yang sudah saling terhubung dan terintegrasi dengan perangkat smartphone serta jaringan internet. Ketika terjadi suatu hal yang tidak diinginkan, nantinya alarm di lokasi penempatan akan berbunyi, disertai dengan notifikasi pemberitahuan melalui smartphone.

Sistem alarm ini sangat membantu pemilik rumah untuk sesegera mungkin menghubungi pihak berwenang atau tetangga sekitar apabila terjadi situasi yang memerlukan intervensi darurat. Adanya sistem seperti ini dapat menjadi langkah pencegahan korban jiwa atau kerugian agar tidak semakin membesar.

5. Integrasi dengan Asisten Virtual

Integrasi dengan sistem virtual smart home

Asisten virtual seperti Google Assistant atau Amazon Alexa juga dapat menjadi bagian penting dari sistem keamanan rumah pintar. Mereka dapat diintegrasikan dengan berbagai perangkat keamanan untuk memberikan kontrol suara yang lebih mudah dan cepat.

Selain itu, dengan hanya menggunakan suara saja kamu dapat melakukan penguncian rumah, memeriksa kamera pengawas, hingga melakukan pengaktifan sistem alarm kapan saja dan dimana saja. Asalkan terhubung dengan jaringan internet.

6. Pemantauan Energi dan Kebocoran

Pemantauan energi dan kebocoran di sistem rumah pintar

Sistem keamanan smart home bukan hanya mampu melindungi rumah dari ancaman bahaya yang berasal dari luar rumah, tetapi juga ancaman bahaya yang asalnya dari dalam rumah. Contohnya seperti kebocoran gas atau air.

Sensor-sensor yang telah terhubung dengan rumah, internet, dan aplikasi di dalam smartphone mampu mendeteksi kenaikan dan penurunan penggunaan energi. Sehingga ketika sensor mendeteksi penggunaan energi yang berlebihan maka hal tersebut akan diindikasikan sebagai kebocoran dan diberitahukan melalui notifikasi pada perangkat yang terhubung.

Hal ini sangat membantu untuk mengurangi risiko kebakaran atau kerusakan berlebih akibat kebocoran yang sulit terdeteksi manusia.

Dapatkan Perangkat Smart Home di Official Store evomab, Segera!